3 Hal Kemuliaan Orang Tua

Rahasia doa IBU

Ingin Selamat Jangan Pernah Kecewakan Orang Tua


doaibu
orang tua

Ingin selamat dunia akhirat? Kuncinya jangan pernah bosan meminta Ibu mendoakan Anda. Orang yang berdoa, apalagi seorang ibu, berarti mengadukan masalahnya kepada Allah.
Allah adalah sebaik-baiknya teman yang mendengarkan segala pengaduan kita. Allah pula Yang Maha Pengasih dan Maha Mengatur Segala Urusan di dunia ini.
Berdoa adalah ibadah yang memiliki banyak manfaat sesuai perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala, sebagaimana dalam firman-Nya : “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.” (Al-Mumin: 60).
Jangan kira doa seorang ibu itu biasa-biasa saja.
Perlu kau tahu bahwa doa seorang ibu itu sangat luar biasa. Namun kadang kita sebagai anak malah sering menjelek-jelekkan orang tua. Malah sering durhaka padanya.
Dalam sebuah hadits disebutkan,
ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ يُسْتَجَابُ لَهُنَّ لاَ شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْمَظْلُومِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ لِوَلَدِهِ
“Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang yang dizholimi, doa orang yang bepergian (safar) dan doa baik orang tua pada anaknya.” (HR. Ibnu Majah no. 3862, hasan).
Pengorbanan seorang ibu sungguh tak terukur besarnya, sampai-sampai surga pun diibaratkan berada dibawah telapak kaki ibu. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam menjawab ibumu…ibumu…ibumu… sampai tiga kali baru menjawab bapakmu, karena tingginya derajat dan kemuliaan seorang ibu bahkan bila dibandingkan dengan bapak.
Karena itulah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda:” Ridha Allah itu tergantung ridha kedua ibu bapak, dan murka Allah juga tergantung kepada murka kedua ayah ibu. Dan surga itu ada di bawah telapak kaki ibu.”

Kisah Singkat Kemuliaan Doa Seorang Ibu

Imam al-Lalika`iy meriwayatkan di dalam kitabnya Syarh as-Sunnah dan Ghanjar di dalam kitabnya Taariikh Bukhaara mengisahkan sebagai berikut:
”Sejak kecil Imam al-Bukhary kehilangan penglihatan pada kedua matanya alis buta. Suatu malam di dalam mimpi, ibunya melihat Nabi Allah, al-Khalil, Ibrahim ‘alaihis salam yang berkata kepadanya, ‘Wahai wanita, Allah telah mengembalikan penglihatan anakmu karena begitu banyaknya kamu berdoa.”
Pada pagi harinya, ia melihat anaknya dan ternyata benar, Allah telah mengembalikan penglihatannya.  (Asy-Syifa` Ba’da Al-Maradh karya Ibrahim bin ‘Abdullah al-Hazimy sebagai yang dinukilnya dari kitab Hadyu as-Saary Fi Muqaddimah Shahih al-Buukhary karya al-Hafizh Ibn Hajar al-‘Asqalany, www.alsofwah.or.id)
Luar biasa, doa seorang ibu. Imam Bukhari salah satu bukti doa ampuh ibunya.

Doa Ibu Diijabah Allah

Sedemikian mulianya ibu, hingga Allah lebih menekankan kewajiban berbakti kepada ibu tanpa harus melupakan jasa-jasa bapak dalam membesarkan anak-anaknya.
Dalam Al Quran, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya ; ibunya yang telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu (QS Luqman: 14).

Doa Ibu Kepada Anaknya

Kemuliaan ibu sanggup menyingkap hijab sehingga doanya lebih cepat sampai pada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Rasullullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam Wassalam berkata,” ada empat macam doa yang mustajab, yaitu 1) Doa imam (penguasa) yang adil, 2) Seseorang yang mendoakan saudaranya dengan diam-diam (tanpa diketahui orang yang didoakan), 3) Doa orang yang teraniaya, 4) Doa orang tua bagi anaknya.
Maka salah satu doa yang mustajab itu antara lain adalah doa ibu kepada anaknya. Jadi bila seorang ibu selalu mendoakan kebaikan anaknya, maka insya Allah doanya akan segera dikabulkan.
Bahkan dalam keadaan tertentu, doa ibu yang terucap bisa langsung terbukti dan menjadi kenyataan. oleh sebab itu, marilah kita senantiasa berbuat baiklah pada ibu dan minta terus doa baik darinya.

Sumber : https://www.tongkronganislami.net

Iklan

loading...