Pemilihan Lensa CCTV yang baik dan Ideal bagi anda.

Tips tentang memilih cctv camera yang ideal

Lensa Sebagai sumber untuk penangkapan camera cctv

Bagi yg awam mengenai ukuran Lensa, sudut pandang maupun jarak pandang ideal pada 
CCTV Camera, dapat berpanduan pada standar berikut:

lensa cctv
Lensa CCTV
Ukuran Lensa 2.5 mm     = sudut pandang 110°     = jarak pandang ideal 8 meter
Ukuran Lensa 2.8 mm     = sudut pandang 100°     = jarak pandang ideal 10 meter
Ukuran Lensa 3.6 mm     = sudut pandang 90°       = jarak pandang ideal 12 meter
Ukuran Lensa 4 mm        = sudut pandang 80°       = jarak pandang ideal 15 meter
Ukuran Lensa 6 mm        = sudut pandang 65°       = jarak pandang ideal 20 meter
Ukuran Lensa 8 mm        = sudut pandang 55°       = jarak pandang ideal 25 meter

*toleransi 10-30%, dikarenakan adanya perbedaan hasil pengukuran pada beberapa camera dan obyek, jarak pandang ideal juga bervariasi pada masing-masing orang.

Semakin kecil ukuran sebuah Lensa, sudut pandangnya akan semakin melebar namun jarak pandang akan semakin menurun terhadap obyek, demikian sebaliknya jika ukuran Lensa semakin besar, sudut pandang akan semakin sempit namun jarak pandang dapat semakin jauh terhadap obyek karena lebih zoom. Obyek tentu saja masih tetap terlihat walau berada diatas jarak pandang ideal, meskipun tentunya obyek akan terlihat semakin mengecil. Satu hal yg perlu diingat adalah, tidaklah mudah mengganti Lensa camera, selain dikarenakan setiap camera sudah mendapatkan Lensa bawaannya masing-masing, beberapa type camera dibuat sedemikian rupa, sehingga tidaklah mungkin mengganti Lensa camera kecuali membongkar body camera itu sendiri, yg berarti nantinya akan menghanguskan garansi.

Nampaknya cukuplah berpuas diri dengan Lensa bawaan dari produsen, namun jika memang ukuran Lensa merupakan hal yg cukup penting, tersedia BOX CCTV Camera yg mudah utk diganti Lensa sesuai dgn keinginan, namun Lensa dijual secara terpisah dan berharga cukup mahal.

Beberapa camera juga terkadang tidak disebutkan ukuran Lensa yg dipakai dan terkadang juga bisa berbeda ukurannya sewaktu-waktu.

Tambahan:
Hanya utk mempermudah saja, sebagai acuan dapat menggunakan kamera ponsel/hp utk menentukan sudut atau lensa yg ingin dipergunakan pada cctv camera.

Kamera ponsel/hp pada keadaan default umumnya setara dgn ukuran lensa camera cctv 4mm.
Cobalah meng capture image pada tempat sekiranya camera cctv akan dipasang.
Dan lihat hasilnya, jika menginginkan sudut yg lebih lebar dari hasil capture imagetadi, pilihlah lensa camera cctv yg lebih kecil ukurannya, mis: 3.6mm, 2.8mm, 2.5mm, 2.1mm.
karena semakin kecil ukuran lensa camera cctv, semakin lebar pula view anglenya.
Namun perlu diingat, dengan semakin lebar view anglenya, maka akan semakin dekat pula jarak pandang ideal, dan hasil gambar akan cenderung cembung serta lensa bersudut lebar mahal harganya.

Sebaliknya, jika menginginkan hasil gambar yg lebih zoom sehingga nampak lebih detail pada obyek, maka pilihlah lensa camera cctv yg lebih besar ukurannya, mis: 6mm, 8mm, 16mm.

karena semakin besar ukuran lensa camera cctv, maka gambar akan terlihat lebih zoom (optical zoom).
Namun perlu juga diingat, dengan semakin jauh jarak pandang ideal, maka sudut atau view angle akan semakin sempit, ini berarti utk jarak dekat, pada kiri dan kanan dari camera cctv akan semakin tidak terlihat (blind spot), dan lensa zoom juga mahal harganya.

JARAK JANGKAUAN INFRA RED

Jarak jangkau infrared pada CCTV Camera sangatlah ditentukan oleh jumlah LED infrared, diameter LED infrared, dan sensor camera yg dipakai. LED infrared dapat diibaratkan sebuah senter, yg berarti semakin banyak senter yg dikenakan semakin terang pula hasilnya.  Begitupun dengan besarnya diameter LED infrared, yg berarti semakin besar diameter senter yg dikenakan semakin terang pula hasilnya. Karena sensor CCD lebih baik dari sensor CMOS, tentu saja hasil gambar pada saat infrared aktif juga berbeda, pada camera bersensor CCD hasil gambar saat infrared aktif terlihat lebih jernih dan lebih jauh dibanding camera yg bersensor CMOS.
Sekedar utk perbandingan:

CMOS dgn 6 mini LED infra, jarak jangkau infrared idealnya 2 meter.
CMOS dgn 12 LED infra, jarak jangkau infrared idealnya 5 meter.
CMOS dgn 30 LED infra, jarak jangkau infrared idealnya 8 meter.
CCD dgn 12 LED infra, jarak jangkau infrared idealnya 8 meter.
CCD dgn 21 LED infra, jarak jangkau infrared idealnya 12 meter.
CCD dgn 24 LED infra, jarak jangkau infrared idealnya 13 meter.
CCD dgn 35 LED infra, jarak jangkau infrared idealnya 14 meter.
CCD dgn 48 LED infra, jarak jangkau infrared idealnya 15 meter.
dst...

Ini merupakan jarak jangkau ideal infrared pada cctv camera yg kami dapatkan dari customer, walau tentu saja diatas jarak tersebut masih dapat terjangkau infrared.

Pengukuran jarak jangkau diatas jika menggunakan LED Infrared standar (tanpa penulisan Diameter LED maka menggunakan Diameter Standar LED 5mm), dan seiring dengan banyaknya varian LED Infrared yg ada, baik itu dalam Daya Pancar maupun Diameter LED, maka pengukuran jarak jangkau ideal bukan hanya pada jumlah LED IR saja, namun tergantung pula pada daya pancar maupun diameter LED yg dipergunakan yg dapat dilihat pada specifikasi yg tertera.

Misal:

CCD dgn 32 LED infra (diameter standar 5mm), jarak jangkau infrared idealnya 13-14 meter.

CCD dgn 32 LED infra (8mm), (LED 8mm 2.5 kali lebih terang dibanding LED standar 5mm, 32 x 2.5 = setara 80 LED standar) maka jarak jangkau infrared idealnya sekitar 20 meter.

Semoga dengan artikel ini bisa membantu anda untuk memilih cctv yang ideal menurut dan jenis lena nya, 

Iklan

loading...